Transjakarta Edisi Vintage dan Fasilitas yang Semakin Pro Penumpang Berkebutuhan Khusus

11 September 2017 13:07 / Berita / bagikan:

Transjakarta atau sering pula disebut busway adalah system trasportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan,yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. (Sumber: Wikipedia)


Kendaraan Yang mengusung slogan “Ayo Naik Bus, Biar Engga Bikin Macet!” ini terus berinovasi menawarkan kenyamanan bagi seluruh penumpangnya.


Setelah membuat ruang khusus untuk penumpang wanita, tersedia pula Air Conditioner (AC) yang membuat seluruh penumpang tak hanya nyaman, tapi juga merasa sejuk dan tidak kepanasan. Di samping itu, di dalam bus juga dibekali dengan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal yang tidak diiinginkan.


Hal lain yang dapat ditemukan di sana adalah Closed Circuit TeleVision (CCTV). CCTV ini terletak di beberapa area yang terdapat dalam bus dengan kamera yang terletak tepat di sisi sebelah kiri pengemudi Transjakarta untuk melihat langsung kondisi penumpang yang berada di area belakang.


Setelah beberapa fasilitas di atas, di beberapa unit Transjakarta kini telah ditemukan kursi khusus untuk penumpang disabilitas, penumpang Lanjut Usia, Penumpang hamil serta penumpang membawa anak. Bentuk kursi ini sama dengan kursi penumpang lainnya, bedanya, kursi ini akan melipat secara otomatis setelah penumpang berdiri.


Kursi yang telah disediakan ini wajib diberikan pada mereka yang seharusnya menempati. Meski ada beberapa penumpang yang tetap bandel untuk menggunakan kursi yang tidak semestinya digunakan, yang patut diacungkan jempol adalah petugas On Board segera memberikan teguran kepada penumpang tersebut.


Berbeda lagi dengan salah satu Transjakarta jurusan Dukuh Atas, unit ini menunjukkan inovasi Transjakarta memang tidak stagnan. Mengusung tema Vintage, unit ini diadakan untuk membawa masyarakat bernostalgia kembali ke kendaraan DKI Jakarta yang terdahulu.


Bentuknya yang memanjang membuat tempat duduk ini berbeda dengan yang telah disiapkan oleh unit lainnya. Kursi yang disiapkan di unit ini berbeda dengan yang lain, yaitu sofa. Khusus untuk kursi penumpang khusus, dilengkapi pula dengan seat belt sebagaimana yang sering kita temuka di mobil-mobil keluarga.
Berbagai fasilitas ini diharapkan dapat mengurangi keinginan masyarakat untuk membeli mobil dan beralih naik bus Transjakarta.


Sumber: Detik.com