Terkesan Sepele, Rupanya “Hal Ini” Berakibat Fatal untuk Pembeli Mobil

Terkesan Sepele, Rupanya “Hal Ini” Berakibat Fatal untuk Pembeli Mobil

10 April 2017 14:09 / Fakta /bagikan:

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang belakangan banyak diincar orang. Penjualan mobil bekas maupun baru meningkat tajam. Menurut data wholesales Gaikindo, ada 96.722 unit mobil terjual selama bulan Februari 2017, dibandingkan dengan penjualan bulan Februari 2016 yang hanya mencapai angka penjualan sebanyak 88.208 unit, angka ini menunjukkan kenaikan hingga 9,6%.


Meskipun harga mobil baru semakin merangkak naik, namun hal ini tidak menjadi persoalan bagi mereka yang ingin memiliki mobil. Mengapa? Kini, showroom banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahan leasing yang memudahkan pembeli untuk membawa pulang mobil impian dengan mengandalkan uang seadanya.
Bayangkan hanya dengan kurang lebih 30 juta, Kamu sudah bisa membawa pulang mobil impian Kamu! Semudah itukah? Tentu saja tidak! Kamu harus menyiapkan berbagai persyaratan yang diminta oleh pihak leasing untuk kemudian dicek kebenaran datanya.


Data yang kamu berikan tidak berangsur-angsur membuat pengajuan mobil yang kamu inginkan segera diproses. Jika menurut pihak leasing data yang kamu berikan tidak bisa dipercaya, maka kemungkinan besar pengajuan kamu akan ditolak dan mobil yang kamu inginkan tidak bisa diproses.


Lalu apa saja syarat-syarat yang harus kamu siapkan agar pengajuan mobilmu bisa segera disetujui dan langsung diproses? Berikut syarat yang diminta untuk pembeli perorangan:


1.    Foto copy KTP/kartu identitas Suami-Istri
2.    Foto copy Kartu Keluarga / Surat Nikah
3.    Foto copy Rekening Tabungan 3 bulan terakhir
4.    Foto copy Slip Gaji
5.    Foto copy Rekening PBB/Listrik/PAM/Telepon/AJB/Sertifikat

Sepintas, kelima syarat di atas terlihat mudah bukan? Bagaimana tidak, walau harus menyiapkan TDP di awal, hanya dengan bermodalkan foto copy tersebut di atas kamu sudah bisa memiliki satu unit mobil. Bukankah itu mudah?


Sama sekali tidak! Kamu harus memastikan gaji kamu tiga kali lipat harga cicilan mobil yang kamu inginkan. Kita misalkan cicilan kamu per bulan adalah Rp 3jt. Artinya, kamu harus memiliki gaji kurang lebih Rp 10jt per bulan agar pengajuan mobil kamu bisa diterima. Jika tidak? Ucapkan saja selamat tinggal pada mobil idaman kamu!

Tidak jarang, untuk mendapatkan mobil impian ini beberapa calon pembeli malah meminta pertolongan ke bagian HRD, agar slip gajinya dimanipulasi. Tapi jika ingin melakukan hal ini, sebaiknya kamu pertimbangin dari jauh-jauh hari karena pihak leasing pasti akan mempertanyakan perbedaan slip gaji kamu dengan rekening kamu selama tiga bulan terakhir.


Selain urusan gaji, kamu juga perlu perhatikan sekuat apa pendapatan per bulan kamu untuk membayar cicilan selama periode yang kamu sepakati dengan pihak leasing dan diler. Jika pendapatan kamu tidak memadai untuk itu, sebaiknya jangan dipaksakan. Tidak lucu kamu banting tulang setiap bulan dan hasilnya hanya cukup untuk bayar cicilan mobil saja.


Lalu, bagaimana kalangan menengah ke bawah bisa mendapatkan kesempatan untuk pengajuan mobil ini?
Biasanya, ada saja sales yang tetap membantu dan memberikan saran kepada customernya agar dokumen-dokumen tersebut bisa diselesaikan. Hanya saja, keputusan final apakah pengajuan kamu diterima atau tidak, itu tetap dari pihak leasing. Jadi buat kamu yang merasa tidak menyanggupi dan keberadaan mobil juga belum terlalu dibutuhkan, sebaiknya tunda dulu saja pembelian mobil dan menabunglah untuk bisa mendapatkannya dengan cara lebih mudah. Cash mungkin?