RAHASIA BAN AGAR TETAP AWET

RAHASIA BAN AGAR TETAP AWET

24 February 2017 16:07 / Tips & Trik /bagikan:

Ban merupakan salah satu faktor terpenting dalam bekendara dan memiliki peranan vital dalam kendaraan karena ban secara langsung bersentuhan dengan jalanan (aspal), selain itu ban juga merupakan salah satu komponen keamanan. Untuk itu kita harus memperhatikan perawatan ban dan harus teliti dalam membeli ban baru.

 

Kebanyakan para pengendara saat membeli ban hanya melihat dari harga banderolnya atau merek, dan yang sering dilupakan ialah daya tahan dari ban itu sendiri dan kecocokan dengan velg mobil.

 

Padahal, terkadang ada ban yang didesain khusus untuk penggunaan jangka waktu jauh, lantas bagaimana cara mengetahuinya ???

 

Menurut Bambang Hermanuhadi Training Manager PT. Sumi Rubber Indonesia mengatakan faktor yang dapat mempengaruhi umur ban yaitu desain tapaknya.

"Gesekan ban ke permukaan jalan yang tidak merata atau stressing lebih banyak di bahu (pinggir ban), akan menimbulkan keausan tidak rata. Keausan itu yang menyebabkan umur ban lebih pendek," ujarnya di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

 

Selain itu ada faktor lainnya yaitu bahan dan desian alur tengah ban, ia mengatakan jika alur tengah ban tidak banyak itu dapat membuat ban lebih lama dipakainya.dan "Beban kendaraan dan penumpang ditopang oleh luas permukaan area tengah ban yang lebih besar. Otomatis membuat keausan lebih kecil”. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : viva.co.id