Pusat R&D Milik Daihatsu Diresmikan, Apa Kata Direktur Jenderal Ilmate?

Pusat R&D Milik Daihatsu Diresmikan, Apa Kata Direktur Jenderal Ilmate?

12 April 2017 13:32 / Berita /bagikan:

Sebagaimana yang telah ditunggu-tunggu, akhirnya PT Astra Daihatsu Motor meresmikan pusat Research and Develpoment atau lebih dikenal dengan sebutan R&D yang terletak di Karawang, Jawa Barat.


Sebagai pusat R&D yang pertama di Indonesia, peresmian ini disambut baik oleh berbagai kalangan, termasuk Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, yang tampak ikut menghadiri peresmian tersebut.


Selain Airlangga Hartarto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, ikut sumbang suara dengan hadirnya pusat R&D ini.


“Sekarang, jika ada konsumen yang kurang puas dengan sebuah produk otomotif, bisa langsung dilempar ke bagian R&D ini (Pusat R&D Indonesia), tanpa harus menunggu hasil dari Negara asal, yaitu Jepang, yang mengakibatkan konsumen menunggu tanggapan terlalu lama. Kalau sudah punya R&D sendiri permasalahan bisa diselesaikan dalam waktu dekat.” Pungkasnya.


Menurutnya, alasan ini pulalah yang mendasari pemerintah melalui Kementerian Perindustrian untuk memberikan perhatian terhadap pusat R&D pertama di Indonesia ini dengan mengadakan insentif. Adapun jenis insentif yang akan diberikan masih sedang dalam tahap pembahasan dengan pihak Litbang (Kemenperin).


Pusat R&D ini dibangun sejak 2011 dan memiliki investasi lebih dari Rp 1 Trilliun. Memiliki fasilitas design Building dan Engineering Building serta test Course dengan 24 macam kondisi jalan di Indonesia, empat tipe tanjakan, test banjir dan lumpur.