Perlukah Khawatir Beli Mobil Baru Secara Online?

Perlukah Khawatir Beli Mobil Baru Secara Online?

16 June 2017 13:23 / Fakta /bagikan:

Beberapa waktu lalu, Google mengeluarkan hasil riset yang cukup mengejutkan pabrikan mobil di Indonesia. Pasalnya disebutkan di sana bahwa sekitar 72% pengguna smartphone menggunakan internet untuk mengetahui lebih lanjut terkait segala hal yang berhubungan dengan mobil yang akan dibelinya.


Dalam kesempatan tersebut, Amalia selaku Head of Industry Google Indonesia menyampaikan kepada seluruh pabrikan mobil untuk tidak menyia-nyiakan website yang dimiliki. Dalam era yang serba internet ini, website justru bisa dimanfaatkan sebagai etalase produk yang ditawarkan, atau bisa disebut sebagai showroom. Hal ini penting dilakukan agar customer bisa dengan leluasa melihat detail produk. Fasilitas apa saja yang akan didapat ketika memilih produk tersebut, bagaimana dengan tingkat keamanan dan kenyamanan produk serta hal lain yang bisa dijelaskan diler dalam websitenya untuk setiap pengunjung website.


Kelengkapan data yang dibuat oleh diler pada websitenya juga berperan untuk meyakinkan customer bahwa diler yang websitenya tengah dia buka adalah diler yang professional. Diler yang bisa dipercaya. Satu orang custumer tentunya akan membuat beberapa perbandingan sebelum menjatuhkan pilihan diler mana yang akan dikunjungi untuk memberikannya mobil yang diidamkan. Dan pada umumnya, diler yang dikunjungi adalah diler yang memberikan penjelasan serta informasi yang paling lengkap, up to date dan valid lah yang akan dipilih oleh customer.


Walau pencarian semua data yang dibutuhkan terkait mobil sudah melalui mobil, biasanya customer masih tetap memutuskan untuk melihat langsung ke diler dan bertanya kepada sales tentang segala hal yang ingin diketahui. Terutama masalah harga. Diler dengan website terbaik, belum tentu diler dengan harga terbaik, oleh sebab itu, walau sudah berkunjung ke satu diler, belum bisa dipastikan customer akan membeli unit yang diinginkan di diler tersebut.


Hal ini bisa jadi diakibatkan perbedaan harga yang tertera di website dengan yang ditawarkan oleh sales berbeda. Perbedaan harga ini akan berakibat fatal di mata customer. Selain dianggap tidak professional, diler juga dianggap tidak up to date terkait harga mobil. Akhirnya transaksi batal terjadi.


Meski kerap kecewa dengan penawaran yang diberikan sales, dan tertarik dengan penawaran terbaik yang didapat dari online, biasanya customer juga tidak serta merta percaya begitu saja lalu memutuskan untuk memercayakan website tersebut untuk mendapatkan mobil yang diinginkannya. Harga yang cukup tinggi menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk mencari tahu kebenaran penawaran  yang didapat.


Sebenarnya bagaimana sih prosedur pembelian mobil dengan cara online ini? Berikut beberapa pertanyaan yang kerap sekali dilontarkan oleh customer yang menghubungi perusahaan jual beli mobil bekas dan baru secara online:


1.    Lho, emang bisa ya beli mobil dengan cara online?
Oh tentu bisa.


2.    Bagaimana caranya?
Saat ini, ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan jual beli mobil baik mobil bekas maupun mobil baru secara online. Mobiloka, carmudia, momobil, rajamobil, mobil123, dan lain-lain. Silahkan kunjungi web yang menurut Anda paling ramah untuk dikunjungi di smartphone Anda.


Dalam website tersebut, Anda bisa melihat berbagai pilihan mobil baik baru maupun bekas berikut dengan kontak si penjual. Anda bisa langsung menghubungi sales tersebut dan membahas mengenai harga mobil yang Anda inginkan. Ada banyak sekali sales dari Merek mobil  yang sama, jadi Anda bisa menghubungi beberapa sales untuk mendapatkan penawaran terbaik.


3.    Lalu Apa Keuntungan yang Diperoleh dengan Membeli Mobil Secara Online?
Berbicara tentang keuntungan yang diperoleh jika membeli mobil secara online, sebenarnya customer diberikan banyak sekali kemudahan, antara lain:


•    Terhubung dengan banyak sekali nomor Sales yang bisa dihubungi dan bisa bertanya apapun dari lokasi customer tanpa pergi ke diler yang satu lalu ke diler lain hanya untuk mendapatkan penawaran terbaik.


•    Mendapatkan penawaran terbaik yang tidak php (Pemberi Harapan Palsu: Istilah yang digunakan untuk janji manis yang ternyata tidak dilakukan atau kebenarannya tidak bisa dipegang). Ini sangat membantu. Ketika Anda sudah merasa cocok dengan harga yang ditawarkan dan akan bertemu dengan Sales, Anda tidak akan kecewa karena harga yang diberikan Sales bisa dipastikan adalah harga yang paling up date dan tidak akan berubah saat Anda tiba di diler. Dengan catatan Anda datang ke diler dalam kurun waktu yang tidak begitu jauh dari waktu Anda mendapatkan penawaran harga


•    Yang paling menarik adalah, di mobiloka, Anda disuguhkan dengan halaman promo di home page mobiloka. Dan menurut Marketing Officer yang bertugas di sana, harga promo yang ditawarkan ini adalah harga yang terbaik seJakarta. Dari halaman promo ini, Anda yang berniat ingin membeli dalam waktu dekat dipastikan akan mendapatkan harga yang paling murah dalam waktu 1 menit tanpa harus menghabiskan pulsa untuk telepon beberapa Sales atau menghabiskan kuota untuk mencari-cari sales sales lain yang menurut Anda akan memberikan harga terbaik untuk Anda.

4.    Tipuan Tidak Sih?
Ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan customer, karena tidak sedikit yang kaget dengan penawaran terbaik mobil yang didapatkan. Harga yang ditampilkan adalah real. Dan prosesnya pun sama seperti bagaimana Anda membeli di diler. Dengan harga yang Anda dapatkan ini, Anda akan dijadwalkan bertemu dengan Sales lalu proses selanjutnya hingga mobil Anda terima, Anda berkomunikasi hanya dengan Sales.