PENYEBAB PENGEMUDI TIDAK FOKUS DALAM BERKENDARA

PENYEBAB PENGEMUDI TIDAK FOKUS DALAM BERKENDARA

10 March 2017 16:53 / Tips & Trik /bagikan:

Mobiloka.com,-setiap orang mempunyai tingkat focus yang berbeda beda pada saat mengendarai mobil. Kehilangan focus menjadi penyebab kecelakaan. Banyak factor yang dapat membuat seseorang di balik kemudi tidak focus dalam berkendara .

Dan berikut ini adalah aktifitas yang membuat si pengendara tidak focus , sebagaimana yang dikutip dari Cekaja, :

 

Bersin 

Data yang dikeluarkan Traffic Safety Administration menyebutkan 21% kematian di jalan karena kondisi pengemudi yang tidak fit. Bersin , menguap dan mengantuk ketika menyetir membuat si pengemudi kehilangan focus .

 

Make-up

Di Florida , public pernah di hebohkan dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang di sebabkan karena wanita tersebut mencukur area genital ketika menyetir. Selain itu juga mengaplikasikan makeup sambil menyetir juga jadi penyebab kecelakaan paling umum.

 

Mengganti Pakaian 

Dan mungkin anda masih ingat salah satu video MR Bean ketika dia mengganti baju dan menyikat gigi di dalam mobil sambil menyetir. Ketrampilan MR.Bean dalam menyetir memang amat mengagumkan. Tapi adegan ini sebaiknya tidak di contoh. Jika anda ingin mengganti baju , bisa melakukan nya setelah mobil terparkir di tempat tujuan .

 

Selfie 

Hal ini akan membuat pengemudi tidak focus sehingga dapat menyebabkan mobil oleng .

 

Chatting

Membalas pesan dan mengecek media social dapat merusak konsentrasi pada saat berkendara , berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika Serikat , sekitar 16 ribu pengemudi tewas pada 2001 hingga 2007. Penyebab nya adalah dengan menggunakan handphone pada saat mengemudi.

 

Menggunakan Handsfree

Dengan menggunakan, pengendara memang tidak perlu memegang ponsel saat menerima telefon sehingga kedua tangan tetap memegang kemudi. Tapi hal ini tidak bisa mengurangi resiko kecelakaan. Pengemudi tetap di sarankan menghentikan mobil disaat menerima telephone karena dapat mengakibatkan merusak focus .

 

Bertengkar

Pada saat bertengkar di dalam mobil dapat menggangu focus mengemudi. Jika hal itu dilakukan bisa berujung pada kecelakaan lalu lintas. Dan ada baiknya jangan bertengkar di dalam mobil, selesaikan masalah dengan kepala dingin.

 

Mendengarkan Lagu

Untuk sebagain orang, mendengarkan lagu bisa merangsang konsentrasi. Tapi jika anda lebih sibuk memindahkan-mindahkan chanel dan mengatur volume daripada focus pada jalanan di depan, resiko kecelekaan pun kemungkinan besar dapat terjadi .

 

 

 

Sekian tips yang disampaikan oleh Mobiloka.com hindari aktifitas diatas,berdoa dan juga patuhi lalu lintas agar selamat sampai tujuan.