Pemerintah Keluarkan Aturan Mengenai Pembelian Mobil

11 September 2017 00:00 / Berita / bagikan:

Meski telah dikumandangkan sejak 29 April 2014 lalu, mengenai pembelian mobil harus disertai dengan kepemilikan garasi pribadi, nyatanya realisasi peraturan ini tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.
Bahasan yang sama kembali berhembus, kali ini keseriusan pemerintah semakin ditampakkan dengan mencamtumkan aturan mengenai kepemilikan garasi sebagai syarat untuk membeli mobil. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Transportasi, pasal 140 ayat (1) – (5).

Dalam PerDa tersebut tertuang:

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.

(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik Jalan.

(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.

(4) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.

Baca juga: Sanksi Tegas Bagi Pemilik Mobil yang Tidak Parkirkan Mobil di Garasi


Berdasarkan peraturan yang tertuang, individu atau badan usaha yang akan memiliki kendaraan DIWAJIBKAN untuk memiliki Surat Bukti Kepemilikan  garasi dari Kelurahan setempat. Surat Bukti ini pulalah yang nantinya akan digunakan sebagai syarat untuk menerbitkan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK)