Mengenal Bumper Mobil

Mengenal Bumper Mobil

13 November 2017 10:47 / Fakta /bagikan:

Minimnya Total Down Payment (TDP) atau uang muka yang diserahkan untuk mendapatkan satu unit mobil, mau tak mau jadi boomerang pada kehidupan masyarakat perkotaan. Di satu sisi, peningkatan jumlah pembeli kendaraan beroda empat merupakan salah satu indicator meningkatnya perekonomian masyarakat. Di sisi lain, peningkatan jumlah kendaraan, baik roda empat maupun roda dua menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam urusan infrastruktur, yaitu bagaimana mengurai kemacetan tiap ruas jalan besar yang kian hari tampaknya kian parah.

Untuk urusan mobil, wanita kini tak mau kalah. Jika pria bisa bepergian kemanapun dan kapanpun dengan mengendarai mobil pribadi, wanita juga dapat melakukan hal yang sama. Sayangnya, tak semua wanita mengenal dan memahami bagian-bagian yang terdapat di mobil. Apa fungsi dari masing-masing komponen tersebut, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu pada bagian-bagian tersebut. Salah satu bagian pada kendaraan roda empat yang sering disepelekan keberadaannya adalah bemper atau bumper.

Bumper merupakan sebuah alat pengaman yang berada di depan dan di belakang paling luar di dalam sebuah mobil. Bentuk bumper pada mobil sangat bervariasi, tergantung jenis dan model mobil tersebut. Bumper atau bemper adalah komponen mobil yang paling pertama kena benturan. Produsen membuat bagian ini se-fleksibel mungkin agar saat berbenturan, bemper dapat kembali seperti semula dan objek yang ditabrak tidak mengalami kerusakan parah.

Fungsi bumper sendiri adalah melindungi pengendara saat terjadi benturan. Tak hanya itu, bumper juga berfungsi untuk melindungi bagian mesin dan tangki bensin mobil. Bumper pada umumnya terbuat dari besi asli atau dari bahan fiber atau plastic.

Masing-masing bahan ini memiliki keunggulan dan kelemahan dalam menjaga mobil dan pengemudi saat terjadi benturan. Bumper berbahan fiber memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya cukup diminati oleh banyak orang. Beberapa diantaranya adalah:

1. Mudah dibentuk

2. Mudah disesuaikan pada jenis dan model mobil itu sendiri

3. Murah

4. Ringan

Selain keunggulannya, bumper fiber juga memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya kurang disukai di beberapa wilayah. Beberapa kelemahan tersebut, seperti:

1. Mudah hancur saat berbenturan dalam kecepatan sedang atau tinggi

2. Bahannya yang ringan membuat pengguna di bagian bumi Eropa merasa kurang nyaman untuk menggunakan bumper fiber karena dianggap kurang aman.

Sedangkan untuk bumper berbahan besi asli, keunggulannya adalah:

1. Dapat dibentuk sesuai model mobil apa saja

2. Bahan besi asli dinilai lebih melindungi pengguna saat berkendara dalam kecepatan sedang hingga tinggi

Kelemahannya sendiri adalah

1. Kurang berakselerasi karena komponen dinilai cukup berat

Sebelum membeli dan mengendarai mobil, ada baiknya untuk mengenal beragam komponen yang terdapat di mobil agar pengguna kendaraan merasa nyaman selama berkendara.