MENGAPA VELG MOBIL BISA PANAS SEKALI

MENGAPA VELG MOBIL BISA PANAS SEKALI

23 January 2017 16:47 / Tips & Trik /bagikan:

Mobiloka.com,-jika kendaraan yang sering kita pakai wajar bila pelek akan terasa hangat. Tetapi jika pelek terasa panas atau mendidih secara berlebihan, ini bisa jadi pertanda bahwa rem cakram mengalami masalah .

Pada saat melakukan pengereman , piston rem akan menekan kanvas secara hidrolik ke tromol atau ke piringan atau disc brake sehingga putaran roda berkurang atau berhenti. Begitu pedal rem dilepas maka kanvas rem akan terbebas dan tidak bersinggungan lagi dengan piringan dan tromol. Panas yang terjadi umumnya di sebabkan piston terlambat kembali atau bahkan tidak kembali sama sekali setelah menekan kanvas .

Dan jika salah satu piston macet , tentunya kanvas akan menekan piringan atau tromol secara terus-menerus. Gesekan yang terjadi berulang akan menimbulkan panas yang akhirnya akan merambat ke bagian pelek. Demikian seperti yang dikutip Okezone.

Untuk mencari sebab panas pada pelek ialah dengan mengeceknya secara langsung. Tunggu beberapa saat sampai suhu panas di pelek berkurang. Jika sudah , dongkrak mobil hingga posisi ban menggantung , kemudian putarlah roda secara manual.

Dan apabila roda terasa seret saat diputar atau bahkan tidak bisa berputar maka ini akan menjadi indikasi rem macet. Dengan kondisi tersebut , sebaiknya tidak melakukan perjalanan dan segera lah hubungi bengkel atau mekanik .

Jika memang terpaksa harus melakukan perjalanan , kemudian mobil secara perlahan dan usahakan mengurangi frekuensi pengereman agar kejadian rem macet tidak berulang. Ini untuk mengurangi resiko kerusakan serta kecelakaan akibat mobil tidak bisa berhenti sempurna .