MEMBUKA MOBIL HANYA MENGGUNAKAN WAJAH

MEMBUKA MOBIL HANYA MENGGUNAKAN WAJAH

23 December 2016 04:38 / Teknologi /bagikan:

Teknologi membuka kunci dengan pengenal wajah bukanlah suatu hal yang baru. Kita sudah menjumpainya di berbagai merk smartphone.

Tapi bukan smartphone yang akan dibahas loh, tapi membahas mengenai kendaraan dengan teknologi pembuka kunci dengan pengenal wajah.

Ya, Jaguar Land Rover telah mengembangkan teknologi tersebut untuk membuka kunci mobil dengan pengenal wajah. Pengembangan ini agar kedepannya produk mereka tidak lagi dilengkapi dengan handle door cukup dengan mendekati mobil, mobil akan terbuka otomatis.

Baru-baru ini Jaguar Land mengajukan hak paten, tapi belum ada keterangan resmi, kapan teknologi ini di realisasikan.

System kerjanya yakni, dengan merekam wajah baik berbentuk foto atau video, kemudian rekaman foto wajah pemilik mobil atau gerakan video tersebut di daftarkan sebagai syarat dikenali pada system komputer mobil.

Jika sipemilik mobil ingin membuka mobil cukup dengan mendekatkan wajah ke kamera yang ada dibawah jendela samping, dan kemudian system di mobil akan menyamakan wajah anda dengan wajah yang ada data di komputer, jika sama maka mobil akan terbuka secara otomatis. Begitu juga dengan video, jika gerakan video anda sama dengan data yang tersimpan di komputer maka mobil secara otomatis akan terbuka.

Hal ini bertujuan agar pencuri tidak mudah membobol mobil dan untuk kemudahan pemilik, karena tidak perlu mengeluarkan kunci pada saat membawa banyak barang. Dan satu mobil bisa merekam banyak foto dan video agar anggota keluarga yang lainnya bisa terdaftar.