LAKUKAN HAL INI JIKA MOBIL ANDA MENGALAMI MOGOK

LAKUKAN HAL INI JIKA MOBIL ANDA MENGALAMI MOGOK

07 February 2017 14:01 / Tips & Trik /bagikan:

Memiliki kendaraan pribadi seperti halnya mobil memang sangat menyenangkan dan nyaman, terlebih saat kita membawa keluarga untuk berlibur bersama ke suatu tempat.

Namun bagaimana jika tiba-tiba mobil yang kita gunakan untuk berlibur itu mogok, tak mau hidup sedangkan kita masih berada di perjalanan ??? 

Seperti halnya manusia yang perlu perawatan, mobil pun juga butuh perawatan secara teratur dan benar agar mobil selalu dalam keadaan prima dan nyaman saat dikendarai.

Bagi yang mengerti tentang mesin, mobil mogok di perjalanan mungkin bukan hal yang menakutkan atau membuat panik, tapi sebaliknya jika kejadian itu menimpa orang yang kurang paham akan mesin mobil bagaimana ???

Kali ini Mobiloka.com akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi mobil mogok saat masih dalam perjalanan sebelum memanggil montir , berikut diantaranya:

1. Amankan posisi kendaraan

Jika mobil mogok di tengah jalan, baiknya dorong mobil ketepi jalan agar memudahkan anda dalam memeriksa kondisinya secara leluasa dan tidak menggangu pengguna jalan lainnya.

 

2. Cek bagian Penyuplai daya

Komponen ini penting untuk menghidupkan mesin mobil, mesin mobil akan mengalami kesulitan hidup jika terjadi masalah pada komponen aki dan koil, periksalah sambungan di tutup kepala aki dan kabel pada pastikan sambungan tidak kendor atau copot. Jika aki mengalami tekor jalan keluarnya harus dilakukan charge.

 

3. Periksa Pengapian

Jika bagian penyuplai daya tidak terjadi masalah, kemudian cek lah bagian pengapian seperti komponen distributor, CDI atau platina dan busi. Busi dapat di cek dengan mencabut busi lalu bersihkan.

 

4. Bahan Bakar

Jika bagian suplai daya dan pengapian sudah di cek tapi tidak ada masalah, coba untuk periksa komponen pemasok bahan bakar karburator dan pompa bensin. Masalah yang biasa terjadi pada karburator ialah kekurangan atau kelebihan bensin. Coba buka filter udara dari karburator biarkan terbuka, kemudian hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam lalu nyalakan mesin kembali. Dan untuk komponen pompa bensin periksalah dengan melepas selang bahan bakar lalu masukkan ujung selang kedalam botol dan starter mobil jika jalan bahan bakar tidak lancar maka pompa bensin tidak dapat berfungsi.

 

Demikian ulasan cara atasi mobil mogok, semoga bisa bermanfaat.

 

 

 

 

 

Sumber : superpolishpremium.com