Ketahui Fakta – Fakta Tentang Airbag

Ketahui Fakta – Fakta Tentang Airbag

27 November 2017 16:39 / Fakta /bagikan:

Tujuan dari adanya airbag adalah untuk menahan laju ke depan dari penumpang sedini mungkin walaupun hanya beberapa detik. Terdapat 3 bagian penting pada airbag yaitu:


•    Kantung itu sendiri, terbuat dari nylon yang tipis yang ditanamkan di dalam setir kemudi atau dashboard dan beberapa pabrikan ada yang menaruhnya di kursi atau pintu
•    Sensor merupakan alat yang memberikan sinyal kepada kantung untuk mengembang. Kantung akan mengembang apabila terjadi gaya tubruk yang setara dengan menabrak dinding dalam kecepatan 16-24 km/jam. Sebuah kontak mekanik dengan adanya perubahan massa akan memberikan elektrikal contact, yang selanjutnya akan menginformasikan sensor bahwa telah terjadi tabrakan. Sensor mendapat informasi tersebut dari accelerometer yang ditanam dalam sebuah microchip.
•    System pemompaan kantung merupakan reaksi dari sodium azide (NaN3) dengan potassium nitrate (KNO3) untuk memproduksi gas Nitrogen. Ledakan panas dari nitrogen tersebut memompa kantung udara.
 
Awal dalam usaha menerapkan airbag ini pada kendaraan terkendala pada harga yang tinggi dan masalah teknis untuk ruang penyimpanan dan pelepasan gas bertekanan. Para peneliti memikirkan :
•    Jika terdapat ruang yang cukup di dalam mobil untuk menaruh tabung gas.
•    Apakah gas akan selalu dalam bertekanan tinggi selama umur mobil
•    Bagaimana cara kantung agar dapat mengembang secara cepat dan tepat dalam segala suhu dan tanpa memekakkan telinga.


Mereka butuh cara untuk memicu reaksi kimia yang dapat memproduksi Nitrogen lalu mengembangkan kantung. Sebuah solid propellant inflators ditemukan pada tahun 1970an


System airbag ini akan memicu solid propellant, yang akan terbakar secara ekstrem dan menciptakan sejumlah gas yang mengembangkan kantung. Kemudian kantung akan meledak dari tempat penyimpanan dengan kecepatan 322 Km/jam ini lebih cepat daripada kedipan mata, sedetik kemudian gas tersebut dengan cepat menghilang dari lubang kecil yang terdapat pada kantung dan menyebabkan kantung kempes dan anda dapat bergerak.
 
Walaupun keseluruhan proses terjadi hanya sekitar 1/25 detik, waktu tersebut sudah cukup menolong dari luka yang lebih serius. Pada saat airbag kembang maka tepung yang terdapat di airbag akan ikut keluar, tepung ini merupakan tepung jagung, yang digunakan oleh pabrik airbag untuk menjaga kantung lembut dan terlumasi selama kantung tersebut berada di tempat penyimpanan.

Para peneliti telah menentukan bahwa area bahaya airbag bagi pengemudi adalah sekitar 5-8 cm, jadi kalau Anda menempatkan diri sekitar 25cm dari airbag kemudi itu memberikan area aman bagi Anda. Ukur jarak ini dari setir kemudi hingga bagian dada Anda.

Sumber : fastnlow.net