KEJEBAK MACET BIKIN BETE? MOBILOKA PUNYA TIPSNYA!

10 May 2017 13:59 / Tips & Trik / bagikan:

Bulan puasa sudah semakin dekat. Begitupun dengan Hari Raya Idul Fitri. Umat Islam tentunya sudah tidak lagi sabar untuk menempuh perjalanan bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman. 

Seperti yang kita ketahui, mudik selalu identik dengan kondisi macet. Bukan hanya terjadi di satu wilayah saja, macet juga terjadi di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Selain diakibatkan oleh kondisi rusaknya jalan, meningkatnya jumlah kendaraan yang turun ke jalanan menjadi salah satu pemicu semakin meningkatnya tingkat kemacetan. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa macet merupakan salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi semua orang. Menguji kesabaran, menguji perut, menguji kondisi badan, bahkan menguji iman. Tidak lucu kan moment Idul Fitri kamu malah tercemari karena marah-marah bahkan sampai memaki akibat macetnya jalanan? 

Biasanya, yang paling dibikin ribet untuk urusan macet-macetan di jalan ini adalah orang tua. Tidak ada yang paling dominan, keduanya bisa saja sama-sama pusing. Mulai dari anak yang rewel bosan, panas, lapar, sakit perut dan berbagai ulah lainnya yang bikin kepala jadi nyut-nyutan. 

Kepala yang nyut-nyutan, anak yang rewel, kendaraan yang tak kunjung bergerak karena kondisi macet yang parah, serta berbagai alasan lain yang pastinya dapat mengundang emosi bagi para orang tua. Kaum bapak yang biasanya mengemudi pun bisa saja kehilangan konsentrasi saat mengemudi hingga dapat membahayakan keselamatan seluruh penumpang.

Buat kamu yang akan mudik, berikut beberapa tips dari Mobiloka untuk menghilangkan rasa bosan selama terjebak macet di jalanan:

1. Pastikan Kondisi Mobil Bersih

Kondisi mobil yang bersih berperan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang. 

2. Sediakan Wewangian Favorite Keluarga

Selain kondisi bersih, kamu juga bisa menyemprotkan wewangian yang disukai keluarga. Asap dan polusi yang bersumber dari luar biasanya bikin kepala jadi pusing dan untuk penumpang yang ‘doyan mabok’ saat yang seperti ini sering sekali menjadikan mobil sebagai wadah untuk mengeluarkan isi perut alias muntah. Pemabok yang mengalami muntah di mobil sering sekali tanpa sengaja mengundang penumpang lain ikutan muntah karena faktor “jijik” dan akhirnya jadilah mobil jadi tepat muntahan massal. 

Wewangian berfungsi untuk memberikan rasa nyaman bagi “Si doyan mabok”. Wewangian ini juga mampu menetralisir rasa pusing yang mendera saat kejebak macet. 

3. Pastikan Kondisi AC Mobil Berfungsi dengan baik

Saat kondisi mobil sudah bersih, wewangian juga sudah disiapkan, salah satu yang paling penting yang perlu kamu perhatikan adalah AC mobil. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan AC berfungsi dengan baik jika tidak ingin mandi keringat selama terjebak macet. 

Oh iya, pastikan juga kamu cek mulai dari oli, air radiator, filter dan selang bensin, periksa juga putaran kipas pendingin, Aki, ban, rem, wiper serta lampu mobil. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan ban cadangan. Sangat tidak lucu kamu yang terjebak macet malah harus dibikin pusing jika harus menghadapi mobil yang rusak di tengah-tengah kemacetan. Jika ini sampai terjadi, sepertinya kamu harus siap-siap diteror oleh seluruh penumpang dan suara tangisan anak kecil. 

4. Sediakan Media Bermain

Media bermain juga bisa memberikan kontribusi untuk seluruh penumpang. Membuang rasa jenuh, dan mengalihkan perhatian penumpang dari kemacetan sehingga memiliki kesibukan masing-masing. 

Akan lebih efisien lagi jika benda yang disiapkan adalah media bermain sekaligus belajar. Selain mengalihkan perhatian anak dari macet, anak juga memiliki kesempatan untuk belajar selama di perjalanan. Rubik mungkin? Orang tua juga harus bisa kreatif. Mengajak anak untuk bercerita, bernyanyi bersama, tebak-tebakan lagu, tebak-tebakan gambar, atau kegiatan apapun yang mendidik serta bisa menghilangkan rasa jenuh pada anak-anak.

Sedangkan untuk penumpang dewasa, kamu bisa menyiapkan musik favorite. Gitar untuk bernyanyi bersama di mobil, ataupun buku bacaan. 

5. Sediakan Cemilan 

Orang tua bisa saja siapkan berbagai cemilan untuk seluruh penumpang. Namun pastikan untuk tidak menyiapkan cemilan yang sangat pedas karena dapat mengakibatkan diare jika dikonsumsi terlalu banyak. Bukannya bikin adem selama berhadapan dengan macet, malah kebingungan cari lokasi untuk buang air besar. 

Terjebak macet di tengah jalan? Siapa takut!