INI LOH, YANG MENYEBABKAN BAN MOBIL ANDA BENJOL

INI LOH, YANG MENYEBABKAN BAN MOBIL ANDA BENJOL

21 September 2016 16:22 / Tips & Trik /bagikan:

Ban merupakan komponen penting sebuah kendaraan. Ban digunakan untuk mengurangii getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan kecepatan dan kemudahan pergerakan. Ban mobil harusnya selalu dalam keadaan baik tidak kempes ,tidak gundul, tidak benjol agar nyaman saat dikendarai.

 

 

Kali ini mobiloka.com akan mengulas tentang penyebab ban mobil benjol. Keadaan ban benjol sangatlah tidak nyaman saat berkendara, karena mobil akan terasa bergetar dan bergoyang saat mengemudi walaupun kondisi jalan mulus dan rata. Mobil akan terasa bergetar atau bergoyang ketika kecepatan semakin tinggi.

Senin, 05 September 2016 dilansir oleh AstraWorld, penyebab ban benjol itu bermacam macam seperti :

1.      Pengisian angin dengan tekanan lebih atau ban deformasi bentuk.

2.      Kurang tekanan angin

3.      Mengalami beban berlebih.

4.      Terkena batu tajam atau karena Toe In/Toe Out, sehingga ban perlu penyetelan.

5.      Mobil kena paku, tapi tidak menembus ban, sehingga mencuat melebihi permukaan telapak,saat ban berputar mengalami getaran dan bising.

 

Jika, anda mengalami getaran saat mengendarai mobil padahal jalan yang anda lalui dalam keadaan mulus dan rata, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ban secara fisik. Biasanya ban benjol akan terasa saat kita raba, tapi akan lebih akurat jika kendaraan.

diangkat hingga roda naik kemudian putar ban secara perlahan. Putaran ban yang benjol akan terlihat tidak simetris dan cenderung bergerak ke arah luar.

 

Lalu apa solusi jika ban anda mengalami benjol. satu-satunya cara ialah menggantinya dengan ban baru karena, jika diakali dengan memecahkan benjolan justru semakin memperburuk keadaan dan meningkatkan resiko kecelakaan. Berikut ulasan mengenai penyebab ban benjol. Otomotif mobil modifikasi, Otomotif Mobil

 

 

 

 

Sumber : viva.co.id