Hei, Ladies, Bawa Ini untuk Keamanan Saat Berkendara Sendiri

Hei, Ladies, Bawa Ini untuk Keamanan Saat Berkendara Sendiri

11 April 2017 14:02 / Tips & Trik /bagikan:

Dalam rangka menyambut hari Kartini, Mobiloka ingin berbagi tips kepada wanita-wanita Indonesia yang semakin ke sini semakin memperlihatkan taringnya. Namun, di balik tangguhnya seorang wanita, tetap ada sisi lemah yang membuat pelaku kejahatan merasa memiliki peluang untuk berbuat semena-mena. Seperti kasus yang terjadi Senin, 10 April 2017 ini.

Masih hangat mengenai penyanderaan seorang Ibu dan bayi. Kejadian ini terjadi di angkot KWK No 25 jurusan Pondok Kopi - Rawamangun. Berkat bantuan warga sekitar, Anggota polantas bernama Aiptu Sunaryanto yang kebetulan melintas mau berangkat dinas, berhasil menyelamatkan korban. Walaupun pada awalnya tidak terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, akhirnya Ibu dan anak berhasil diselamatkan dan pelaku berhasil dilumpuhkan.

Bisa mengendarai mobil sendiri tentunya menjadi hal yang begitu menyenangkan, terutama untuk seorang wanita. Bukan hanya menyenangkan, seorang wanita juga terlihat lebih mandiri. Bisa melakukan apapun dan melangkah cepat kemanapun tanpa bergantung pada siapapun sehingga semua urusan bisa rampung lebih cepat.

Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah wanita yang bisa mengendarai mobil sendiri dan semakin meningkatnya tingkat kejahatan, kamu harus tetap waspada dan menyiapkan diri untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi ya, Ladies!

Berikut beberapa hal yang perlu kamu siapkan di dalam mobil kamu dan yang perlu kamu lakukan jika sewaktu-waktu berhadapan dengan hal yang tidak diinginkan seperti di atas:

1.    Jangan Panik
Panik membuatmu sulit untuk berkonsentrasi, kamu tidak bisa mengajak dirimu sendiri untuk berpikir apa yang harus kamu lakukan. Ini membuatmu semakin takut menghadapi pelaku dan akhirnya pasrah terhadap apapun yang menimpa dirimu.

2.    Siapkan Alat Ringan yang Mudah Dijangkau Tanganmu
Jika kamu bukan tipe seorang wanita yang bisa bela diri, selalulah siapkan alat-alat yang diperkirakan bisa menyelamatkanmu dari situasi genting di atas. Beberapa alat tersebut seperti: pemukul baseball atau alat kejut setrum listrik. Jika kamu menganggap benda ini terlalu ekstrim untuk kamu gunakan sebagai wanita feminine, kamu juga bisa menggunakan Police Papper Spray yang sudah banyak ditemukan di toko online Indonesia. Jika tidak memilikinya, sederhananya, kamu bisa bawa bahan dapur yang akan mengakibatkan perih jika disiramkan ke mata manusia. Benda ini bisa kamu letakkan dimanapun yang tidak terlihat oleh pelaku, namun mudah untuk kamu jangkau.

3.    Teriak
Ketika terjadi hal seperti ini dan kamu tidak memiliki alat pertahanan apapun yang bisa kamu gunakan, sekali lagi tetaplah bersikap tenang. Jika kamu melihat pelaku lengah dan kamu memiliki kesempatan berteriak serta kamu memiliki kemungkinan untuk didengar oleh lingkungan luar, maka berteriaklah. Jangan berteriak ketika posisi kamu terjepit dan membahayakan.

4.    Menghidupkan Alarm Mobil
Alarm mobil juga bisa menyelamatkan nyawa kamu, lho, Ladies. Ketika dalam kondisi terancam, kamu bisa bunyikan alarm dan biarkan alarm tersebut berkepanjangan. Bunyi yang berkepanjangan bisa menjadi indikasi telah terjadinya sesuatu terhadap mobil kamu sehingga mau tidak mau bunyi ini mencuri perhatian banyak orang di sekitar kamu. Diharapkan dengan bunyi alarm berkepanjangan ini juga nyawa kamu bisa lekas tertolong dan pelaku tindak kejahatan mundur atau jika kamu beruntung, pelaku bisa diringkus oleh aparat.

5.    Membunyikan Klakson Mobil Secara Berkepanjangan
Bagaimana jika tidak memiliki alarm mobil? Ladies, kamu juga masih memiliki pilihan lain untuk menyelamatkan diri kamu dari tindakan kejahatan. Kamu bisa bunyikan klakson mobil kamu secara terus menerus hingga mengakibatkan si pelaku berada di posisi terancam karena takut ulahnya akan diketahui massa.

6.    Menghubungi 112
Jika di Amerika memiliki layanan panggilan darurat 911, maka Indonesia juga memiliki layanan yang sama di nomor 112. Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk mendapatkan bantuan dari aparat terkait dengan keamanan kamu. So, saat berkendara sendiri, pastikan ponsel kamu dalam kondisi dan mudah dijangkau ya. Tapi jangan terlalu sering menggunakannya juga selama mengemudi, karena hal ini justeru akan membahayakan dirimu sendiri.

7.    Nyalakan Lampu Hazard
Oke, jika kamu adalah tipe wanita yang mudah panic dan langsung bingung di setiap kondisi terjepit, nyalakan lampu hazard sebagai indikasi kamu sedang berada dalam ancaman bahaya. Dan pastikan lampu tersebut benar-benar menyala sebelum kepanikan kamu berada di puncak. Namun demikian, tetaplah usahakan bersikap tenang dan cobalah untuk melawan rasa takut dan panic yang hadir melanda dirimu.

Nah, semoga artikel ini bermafaat untuk kamu ya, Ladies. Tetaplah jadi Kartini masa kini, mandiri dan tetaplah berhati-hati!