CARA YANG BENAR MENGGUNAKAN REM TANGAN

CARA YANG BENAR MENGGUNAKAN REM TANGAN

27 February 2017 14:46 / Tips & Trik /bagikan:

Rem merupakan suatu peranti yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Pada mobil terdapat dua system pengereman  rem kaki dan rem tangan kenapa disebut rem kaki dan rem tangan ya karena pengoprasiannya rem kaki dengan kaki dan rem tangan dengan tangan.

Kali ini mobiloka.com akan membahas mengenai rem tangan. Rem tangan atau yang sering disebut dengan rem parkir. Rem tangan biasanya diandalkan saat lalu lintas macet, atau saat tanjakan maupun turunan dan lainnya.

Rem tangan ini ada 3 jenis diantaranya :

1. Stik

Jenis ini digunakan pada mobil manual  dan otomotis, posisinya berada di konsol tengah dan ujung stiknya dilengkapi tombol yang berfungsi melepas kunci pada gear agar tuas dapat di turun dan naikan.

 

2. Pedal

Jenis ini biasanya terdapat pada mobil bertranmisi otomatis, dan posisi rem tangan ini berada dibawah sejajar dengan pedal gas. Cara pengoprasiannya cukup dengan diinjak sampai dalam, dan bila ingin mengembalikan posisi awal injak sekali lagi pedalnya. 

 

3. Tombol

Jenis ini belum banyak digunakan oleh para produsen mobil. Rem tangan ini bentuknya kecil biasanya disebut rem tangan elektrik, pengunaannya pun cukup mudah hanya dengan menarik sedikit tuas ke atas yang ada di tombol.

 

Dari ketiga rem tangan teserbut yang masih sering digunakan ialah jenis stik, walau tanpa kita sadari rem tangan jenis stik ini bisa saja rusak tergantung dari pengemudi bagaimana cara menggunakannya.

 

Ada beberapa tips cara penggunaan rem tangan dengan benar yang dijelaskan oleh Rudi Ganegia kepala bengkel Auto2000 Krida, diantaranya :

1. Klikan rem tangan saat ditarik itu standartnya antara 4 sampai 7, jika klikan lebih dari 7 baiknya dibawa ke bengkel agar dilakukan penyetelan ulang

2. Sebaiknya pemakaian rem tangan jangan terlalu sering bila ingin berhenti atau sedang lampu merah.

3. Saat parkir kondisi jalan miring, baiknya tambahkan pengganjal roda agar penggunaan rem tangan  dapat dikurangi.

4. Menginjak atau menarik rem tangan tidak secara berlebihan

5. Lakukan servis berkala dan penyetelan rem tangan di bengkel resmi.   

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : okezone.com