BERIKUT ADALAH KODE BATAS KECEPATAN MOBIL YANG BERGANTUNG PADA ALUR BAN

BERIKUT ADALAH KODE BATAS KECEPATAN MOBIL YANG BERGANTUNG PADA ALUR BAN

19 October 2016 16:49 / Tips & Trik /bagikan:

Mobiloka.com-ban pada kendaraan onroad wajib memiliki alur atau kembangan karena ban onroad berbeda dengan ban yang di pakai untuk balap meski demikian , pemilik kendaraan harus mengetahui speed index atau kemampuan ban sesuai dengan batas kecepatan mobil itu sendiri. OTOMOTIF MOBIL

Sport Segment Bussiness Manager Michelin Indonesia Refil Hidayat mengatakan untuk kualitas ban yang sangat tergantung pada speed index dan lot index masing-masing . informasi ini bisa dilihat melalui kode yang ada pada dinding ban .

“Mengenai kualitas ban ,Let’s say semua pakai alur maka itu akan bergantung pada performace requirement dari ban masing masing . dan semua ban mempunyai ukuran yang berbeda beda , untuk mobil yang berbeda beda penggunaan ban yang berbeda dan juga kondisi jalan berbeda “ Ujarnya .

Refil mencontohkan , ban untuk kendaraan jenis MPV ( multi purpose vehicle ) biasanya memakai kode speed indexs, “H” itu equivalent dengan kecepatan 210 kilometer perjam dan artinya ban hanya bisa di gunakan dengan batas kecepatan maksimum seperti itu , jika melebihi maka bisa beresiko fatal .

“Ban onroad itu kan ada yang memakai alur simetris dan ada yang memakai alur asimetris ini menyusaikan dengan sped index tersebut , semakin tinggi ( Angka ) speed index-nya , modifikasi atau pembentukan terhadap pola alur yang harus di sesuaikan dengan performa yang harus di-deliver oleh ban itu sendiri . biasanya kalau speed index rendah maka polanya simetris begitu juga sebaliknya jikalau angkanya tinggi maka pola alur asimetris “Tutur Refil.

Dan untuk mengtahui speed index bisa diketahui dari kode huruf yang ada pada dinding ban . Speed index yang umumnya dipakai oleh pabrikan sebagai berikut :

J ( 100km/jam ) , K ( 110km/jam ) , L ( 120km/jam ) , M ( 130km/jam ) , N ( 140km/jam ), P ( 150km/jam ) , Q ( 160km/jam ) , R ( 170km/jam ) , S ( 180km/jam ) , T ( 190km/jam ) , U ( 200km/jam ) , H ( 210km/jam ) , V ( 270km/jam ) , W ( 300km/jam ) , Y ( 300km/jam ) , VR ( >210km/jam ) dan ZR ( >240km/jam ).