AYO, KENALI JENIS WIPER MOBIL ANDA

AYO, KENALI JENIS WIPER MOBIL ANDA

15 November 2016 11:49 / Tips & Trik /bagikan:

Wiper merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan kaca pada saat hujan turun  atau bila ada debu, atau kotoran yang lain yang mengotorinya.

 

Di Indonesia wiper yang digunakan ialah wiper konvesional berbeda dengan negara Eropa yang sudah menggunakan wiper jenis flat-blade. Menurutnya wiper jenis flat blade ini lebih mampu menyeka kaca mobil lebih merata ketimbang dengan wiper konvensional.

Wiper konvensional memiliki desain braket dan karet yang mudah rapuh, tapi wiper flat-blade lebih ringan dan karetnya pun tidak mudah rapuh. Dan jangka waktu penggantiannya pun lebih awet Wiper Flat-Blade yaitu kurang lebih setahun (12 bulan) sedangkan Wiper Konvensional penggantiannya dilakukan setiap 6 bulan.

Menurut Zann Hong Automotive Aftermarket, Custumer Communication for Bosch Asia Pacifik South East Bosch (SEA) “Sayangnya banyak yang tidak tahu bahwa Wiper Konvensional bisa diganti dengan Wiper Flat-Blade.

Bosch mengklaim Wiper Flat-Blade memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyapu air, dan berdasar hasil uji coba Wiper ini 96% cocok untuk jenis mobil di Asean.

Wiper Flat-Blade  ringan dan membutuhkan less power agar tidak membebani motor yang kemudian penggunaan energy bisa lebih rendah dan pangkas cCO2, tutu Zhao Pengfei Regional Business Unit Director of China for Wiper Sysytem, Bosch Electrical Drives.